Apa Itu Pantone?

Pantone bukanlah hanya sebuah nama warna tetapi Pantone lebih merupakan merupakan sebuah sistem warna yang dikeluarkan oleh Pantone Matching System yang berisi palet warna yang mengandung 1.867 warna yang unik dan nomor individual . Ini sengaja dirancang untuk membantu desainer dan percetakan menentukan warna untuk mencetak menggunakan printer.

Buku panduan warna pantone ini pertama kali diciptakan oleh Lawrence Herbert pada tahun 1963 dikarenakan ia masih merasa tidak puas dengan sistem pewarnaan yang ada pada saat itu. Jika anda melihat buku panduan warna pantone ini, anda akan menemukan bahwa sistem pewarnaan yang dibuat oleh Lawrence Herbert sangat sistematis.

Buku panduan pantone dilengkapi dengan sistem penomoran yang sudah sangat terstandarisasi. Dengan nomor-nomor ini anda bisa melakukan pencampuran warna tanpa harus kuatir salah dalam memilih cat yang cocok. Pencampuran warna sebelum adanya buku panduan warna pantone ini dilakukan dengan intuisi (mengandalkan feeling yang tajam). Namun, sekarang dengan sistem penomoran (bahkan perbandingan antara campuran satu warna cat dengan warna cat yang lain sudah disediakan di buku pantone) maka tingkat akurasi pencampuran warna lebih mudah tercapai.

Pantone sering digambarkan sebagai ‘spot colours’ karena cara dia dalam mencetak. Misalnya jika pekerjaan pencetakan diperlukan dua warna Pantone yang berbeda (tidak berasal dari palet) , percetakan yang terlibat akan membuat dua lembar film untuk pelat cetak  karena warna Pantone memiliki pelat cetak sendiri.

Lalu apa itu ‘spot colours’? ‘spot colours’ adalah metode mencetak warna yang mana masing-masing warna dicetak dengan tinta sendiri, kasarnya ‘spot colours’itu warna yang sudah begitu adanya, bukan campuran dari cyan, magenta, yellow, black. Nah, selain ‘spot colours’ ada juga ‘process colours’ yang merupakan kebalikan dari ‘spot colours’. ‘Process colours’ adalah metode mencetak menggunakan empat tinta (cyan, magenta, yellow, black) untuk menghasilkan sebuah warna lain.

Dengan artikel pendek ini semoga semua pertanyaan tentang APA ITU PANTONE sedikitnya dapat menjadi gambaran tentang warna Pantone 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *